Cari

tanya jawab "KENAPA MAKIN TINGGI MAKIN DINGIN?"

Written By Unknown on Minggu, 02 Oktober 2011 | 13.24

Hi, gw bingung nih.. kenapa semakin tinggi suatu tempat, suhunya semakin dingin; kalo gak salah tiap naik 100 meter suhu turun 0.5 derajat celcius [CMIIW]
Padahal logikanya:
Suhu dingin = tekanan tinggi
Makin tinggi tempat, tekanan atmosfer makin rendah
Jadi seharusnya gunung yang bertekanan atm rendah bersuhu lebih panas dari pantai yang bertekanan atm lebih tinggi
Makin tinggi suatu tempat dari pantai, makin dekat jarak tempat itu dengan matahari, berarti makin mudah panas oleh radiasi sinar matahari karena sinar cepat sampai ke daratan
Ok-lah di gunung banyak pohon, tapi gw rasa pohon cuma mengubah CO2 menjadi O2, bukan berarti menurunkan suhu udara.
Nah.. ada yang bisa membantu memberi penjelasan??
Terima kasih.


vincent_black
07-11-2005, 07:20 PM
logikanya mas itu buat gas di ruang tertutup...
preassure = measure of the change in momentum of gas particle when they collide with the wall
Temperature = measure of average kinetic energy
jadi kalo pressure turun berarti konsentrasi udara turun sehingga makin dikit heat yang ditahan oleh udara sekitar.. maka nggak seberapa panas... tergantung komposisi udaranya juga sih... selama masi di zona troposfer makin naik makin dingin... tapi kalo udah masuk thermosfer bisa naik ampe 600 C kalo ga salah... soalnya di sini sebagian besar sinar matahari dipantilkan dan diserap...
cheers


kukukakikukaku
07-11-2005, 08:05 PM
lapisan troposfer juga bisa diliat sebagai gas di dalam ruang tertutup dalam artian luas..
btw bukannya bener tuh logikannya,
karena semakin tinggi -> konsentrasi udara berkurang(pengaruh gravitasi) -> karena konsentrasi berkurang,tekanan udara juga berkurang -> dari P = kT (k=constant)
kita bisa menyimpulkan kalo tekanan udara berkurang,suhu juga berkurang..alias tambah dingin


win4sure
07-11-2005, 10:18 PM
loh konsep udara dingin = tekanan tinggi buat gas di ruang tertutup doang??
Nah gimana kalau proses terjadinya angin darat di pantai??
Yang pasti udara selalu bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah karena tekanan tinggi punya konsentrasi udara lebih banyak sehingga mengisi tekanan rendah yang konsentrasi udara lebih sedikit agar terjadi keseimbangan.
Angin darat = angin dari darat ke laut, dimanfaatkan nelayan pada malam hari untuk berlayar ke laut.
Pada malam hari udara di darat lebih dingin, udara di laut lebih hangat.
Nah, jadi jelas kalau udara lebih dingin punya tekanan lebih tinggi dibanding udara panas.
Bukankah konsep angin darat ini bertentangan dengan konsep "konsentrasi/atm tinggi = daya simpan panas tinggi" ???
Jadi bingung..


maleficus
08-11-2005, 12:16 AM
temen gwa bilang kalo lebih tinggi itu harusnya lebih panas
coz.. hot air rises
can sum1 explain to me plz?
thx
jawabannya disini: http://science.howstuffworks.com/question186.htm
:)


lembu_sekilan
08-11-2005, 07:54 AM
lapisan troposfer juga bisa diliat sebagai gas di dalam ruang tertutup dalam artian luas..
btw bukannya bener tuh logikannya,
karena semakin tinggi -> konsentrasi udara berkurang(pengaruh gravitasi) -> karena konsentrasi berkurang,tekanan udara juga berkurang -> dari P = kT (k=constant)
kita bisa menyimpulkan kalo tekanan udara berkurang,suhu juga berkurang..alias tambah dingin
P1 V1 P2 V2
------ = ------
T1 T2
udah benar
tapi dipermudah
jangan tanya kenapa kok semakin tinggi semakin rendah tekannnya
jawaban kurang tahu, tetapi bekisar pada kerengganggan udara dll (rasanya)

vincent_black
08-11-2005, 12:18 PM
@atas gw
itu pengaruh gravitasi dan massa jenis gas yang ada di atmosfer brur... gas kan termasuk fluid.. dia akan membentuk lapisan2 sesuai massa jenisnya.. dan lagi kan masuk akal kalo makin ke atas udara makin tipis dan ketika udah keluar atmosfer nggak ada udara sama sekali...
cheers


win4sure
08-11-2005, 09:29 PM
jawabannya disini: http://science.howstuffworks.com/question186.htm
:)
Gw dah baca, dan intinya: makin rendah tekanan udara, suhu makin dingin.
Coba bandingin dengan konsep angin darat di pantai (red-):
Seperti yang kita ketahui angin darat (pada malam hari) bergerak dari tepi pantai (bersuhu dingin, tekanan tinggi) ke laut (suhu hangat, tekanan rendah), setuju dengan pernyataan ini?
Penjelasan kenapa saya bisa biilang suhu dingin => tekanan tinggi karena udara selalu bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah karena tekanan tinggi punya konsentrasi udara lebih banyak sehingga mengisi tekanan rendah yang konsentrasi udara lebih sedikit agar terjadi keseimbangan.
Kesimpulannya, karena udara bergerak dari suhu dingin ke suhu hangat, identik dengan udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.
Jelas hal ini bertentangan dengan konsep makin rendah tekanan, suhu makin dingin


win4sure
08-11-2005, 09:38 PM
P1 V1   P2 V2
------ = ------
  T1        T2
udah benar
tapi dipermudah
jangan tanya kenapa kok semakin tinggi semakin rendah tekannnya
jawaban kurang tahu, tetapi bekisar pada kerengganggan udara dll (rasanya)
Ada 2 hal yang menyebabkan makin tinggi suatu tempat, tekanannya makin rendah:
1. Gravitasi dan massa jenis udara. Udara bermasa jenis besar akan tertarik mendekati permukaan bumi, sehingga yang tersisa di lapisan atasnya adalah udara yang lebih ringan. Tentu udara yang lebih ringan punya tekanan lebih kecil. Ibarat kepala anda membawa ember berisi air biasa dan ember berisi air raksa.
2. Volume udara yang "menimpa" diatas anda.
Pantai tentu memilki beban "ditimpa" oleh udara setinggi 0 meter permukaan laut hingga (anggaplah jarak permukaan laut ke ujung atmosfer) 10.000 meter . Akibatnya laut punya beban ditimpa udara setinggi 10.000 meter - 0 meter = beban ditimpa udara FULL setinggi 10.000 meter.
Gunung memiliki beban "ditimpa" oleh udara setinggi 100 meter dari permukaan laut (tentu gunung tidak rata dengan laut) hingga 10.000 meter. Jadi gunung hanya ditimpa udara setinggi 10.000 meter - 100 meter = 9.900 meter.


okepunya
08-11-2005, 10:14 PM
Kalo menurut logika gw, udara kan ringan, jadi akan "berkumpul" di atas. Apalagi utk udara jenis tertentu yg "berhawa dingin" macam helium dsb. Jika di bawah, terlalu byk benda di bumi dimana setiap benda tsb pasti mempunyai/membawa energi dimana energi tsb berhawa panas. Sebab itulah makanya di bumi makin lama makin panas karena terlalu byk benda. Apalagi benda yg memerlukan udara/oksigen, salah satunya adalah manusia.
Just my one cent :P


maleficus
09-11-2005, 08:40 AM
Gw dah baca, dan intinya: makin rendah tekanan udara, suhu makin dingin.
Coba bandingin dengan konsep angin darat di pantai (red-):
Seperti yang kita ketahui angin darat (pada malam hari) bergerak dari tepi pantai (bersuhu dingin, tekanan tinggi) ke laut (suhu hangat, tekanan rendah), setuju dengan pernyataan ini?
Penjelasan kenapa saya bisa biilang suhu dingin => tekanan tinggi karena udara selalu bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah karena tekanan tinggi punya konsentrasi udara lebih banyak sehingga mengisi tekanan rendah yang konsentrasi udara lebih sedikit agar terjadi keseimbangan.
Kesimpulannya, karena udara bergerak dari suhu dingin ke suhu hangat, identik dengan udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.
Jelas hal ini bertentangan dengan konsep makin rendah tekanan, suhu makin dingin
konveksi bukan lah satu2nya cooling mechanism di bumi
jangan lupa sama greenhouse effect
ini lah yang membuat bumi kita jadi hangat dan dapat support life
absorbance di darat (sea level) jauh lebih banyak daripada di pegunungan tinggi


maleficus
09-11-2005, 08:45 AM
loh konsep udara dingin = tekanan tinggi buat gas di ruang tertutup doang??
Nah gimana kalau proses terjadinya angin darat di pantai??
Yang pasti udara selalu bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah karena tekanan tinggi punya konsentrasi udara lebih banyak sehingga mengisi tekanan rendah yang konsentrasi udara lebih sedikit agar terjadi keseimbangan.
Angin darat = angin dari darat ke laut, dimanfaatkan nelayan pada malam hari untuk berlayar ke laut.
Pada malam hari udara di darat lebih dingin, udara di laut lebih hangat.
Nah, jadi jelas kalau udara lebih dingin punya tekanan lebih tinggi dibanding udara panas.
Bukankah konsep angin darat ini bertentangan dengan konsep "konsentrasi/atm tinggi = daya simpan panas tinggi" ???
Jadi bingung..
darimana elo dapet yang di merahin?
by the way, gak hanya tekanan udara, tapi temperature juga mempengaruhi gerak udara
udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah
tapi udara juga bergerak dari temperature tinggi ke temperature rendah


win4sure
09-11-2005, 12:10 PM
darimana elo dapet yang di merahin?
by the way, gak hanya tekanan udara, tapi temperature juga mempengaruhi gerak udara
udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah
tapi udara juga bergerak dari temperature tinggi ke temperature rendah
Suhu darat pada malam hari lebih dingin dari laut karena tanah(daratan) lebih cepat turun suhunya oleh malam krn tidak ada panas matahari, suhu laut pada malam hari bisa lebih hangat dari darat karena air lebih mampu menahan kalor, sehingga suhu air yang panas ketika siang hari tidak cepat berubah menjadi dingin ketika malam hari.
Hasilnya udara dingin di darat bergerak laut yang udaranya lebih hangat.
Udara tidak bergerak dari temperature tinggi ke temperatur rendah, tapi sebaliknya.
Buktinya adalah pristiwa angin darat di pantai itu tadi.. aliran angin dari darat bersuhu dingin ke laut bersuhu lebih hangat.


win4sure
09-11-2005, 12:13 PM
konveksi bukan lah satu2nya cooling mechanism di bumi
jangan lupa sama greenhouse effect
ini lah yang membuat bumi kita jadi hangat dan dapat support life
absorbance di darat (sea level) jauh lebih banyak daripada di pegunungan tinggi
Hmm.. bukankah daerah gunung punya "absorbence" lebih banyak?
Soalnya gunung kan tinggi, otomatis lebih deket ke matahari dong.. jadi cahaya matahari yang diterima gunung lebih "intensif" gitu..

1 komentar:

saya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar