Cari

HUJAN ASAM

Written By Unknown on Minggu, 02 Oktober 2011 | 13.20

Hujan asam adalah suatu masalah lingkungan yang serius yang benar-benar difikirkan oleh manusia. Ini merupakan masalah umum yang secara berangsur-angsur mempengaruhi kehidupan manusia. Istilah Hujan asam pertama kali diperkenalkan oleh Angus Smith ketika ia menulis tentang polusi industri di Inggris.

Hujan secara alami bersifat asam karena Karbon Dioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah. Jenis asam dalam hujan ini sangat bermanfaat karena membantu melarutkan mineral dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan binatang.
Baru-baru ini diteliti bahwa peningkatan keasaman yang ada dalam air hujan dalam beberapa dekade ini karena ulah manusia. Hujan asam ini menyerang margasatwa, hasil panen dan air danau. Hal ini menyebabkan kerusakan hutan dan kerusakan gedung serta monumen-monumen. Ini amat berbahaya bagi kelanjutan hidup manusia.
Hujan asam ini disebabkan oleh polusi. Penyebab polusi (polutan) seperti Sulfur Dioksida dan Nitrogen Oksida tinggal dalam atmosfir dan akhirnya bereaksi dengan kelembaban dalam udara. Ketika polusi ini jatuh sebagai embun di tanah, inilah yang disebut dengan hujan asam. Sumber dari penyebab polusi ini tidak hanya berasal dari pembakaran sampah, tetapi juga berasal dari pembakaran motor dan pembuangan pabrik kimia.
Sulfur Dioksida tidak seperti zat asam polusi yang lainnya karena zat tersebut tidak bereaksi dengan kelembaban sampai zat itu diterpa angin. Bahkan yang paling buruk hujan dan salju itu bukan salah satu cara yang bisa merusak lingkungan akan tetapi lingkungan itu bisa rusak karena polusi udara. Kekeringan yang disebabkan oleh sulfur dioksida juga memiliki efek pada lingkungan.
Meskipun tempat-tempat seperti Adirondacks di New York telah mengalami kerusakan yang serius karena kapur dalam tanahnya sangat mudah dilarutkan oleh hujan asam, telah dilakukan langkah untuk mengontrol keadaan tersebut. Dan ketika Amerika dan Canada mulai mengurangi jumlah sulfur dioksida yang diikeluarkan kedalam udara, danau-danau dan kolam-kolam di daerah Canada menunjukkan beberapa kemajuan.

Pikirkanlah tentang hal ini
Dapatkah kamu memberikan contoh kerusakan yang disebabkan oleh hujan asam didaerah sekitarmu? Bagaimana pemerintah setempat menanggulanginya? Dapatkah kamu menghentikan hujan asam?

0 komentar:

Posting Komentar